Hidup Memang Perpindahan, Namun Tetap Saja Kita Harus Menentukan Tempat untuk Tinggal



Tidak ada yang kekal kecuali perubahan itu sendiri – Albert Einstein

Pernah nggak kawan merasa sangat jenuh disuatu keadaan tertentu, karena melakukan hal yang berulang-ulang? Sebaliknya gw sekarang ngerasa jenuh karena selalu melakukan hal yang berbeda-beda.

Sewaktu SD gw suka banget sama Ronaldo yang rambutnya poni doang, ngelihat dia main bola gw bercita-cita jadi seoang pebulu tangkis yang hebat(nggak nyambung ya?).

Memang nggak nyambung, gw juga heran kenapa habis nonton piala dunia malah pengen jadi seorang pebulu tangkis. Tapi yang pasti sejak itu gw jungkir balik latihan main bulu tangkis. Pagi, siang sore, kalau lagi libur sekolah. Sampai gw matahin raket abang gw, matahin raket gw sendiri, dan sandal jepit pun berubah fungs jadi raket ditangan gw.

Setahun, dua tahun, tiga tahun sampai kelas enam SD gw bergelut dengan bulu-buluan. Tapia pa daya, gw sadar, gw nggak bisa ngalahin temen2 gw yang notabene permainan mereka payah, apa lagi gw.

Mimpi jadi pebulu tangkis pupus, mungkin Ronaldo nggak rela gw harus milih bulu tangkis. Dan akhirnya SMP gw milih sepak bola.

Waktu itu gw juga nggak tahu kenapa gw jadi suka sepak bola, yang jelas dengan perjuangan susah paya membeli sepatu bola, gw jadi pemain bola beneran.

Latihan setiap soreh, azan magrib adalah peluit akhir pertandingan, lantas nggak juga biking w jadi pemain bola sejati. Badan gw yang kecil kaya wayang kulit ini, meski lncah mudah jatuh dan ambruk.

Apa daya gw harus merelakan impian kedua dalam hidup gw, yaitu jadi pemain bola professional seperti Tsubatsa. Tapi gw nggak nggak sedih, dan nggak meratapi, karena gw saat itu seolah seperti Misugi (rival Tsubatsa yang skillnya lebih hebat dari Tsubatsa). Gw coba nmenghibur diri dengan menjadi sosok Misugi.

SMP berlalu dan SMA datang dengan segala hal baru yang begitu banyak kejutan. Bukan sepak bola, bukan bulu tangkis, juga bukan basket, gw sadar badan gw yang lebih ringan dari layangan nggak akan bisa jadi olahragawan. Jadi SMA gw memutuskan untuk menjadi musisi(ini impian paling konyol dalam hidup gw). 

Ini gara-gara temen gw yang bernama Icuk.

“cita-citamu apa cuk” tanya gw. Bukan menjawab, ia malah tanya balik.

“kau apa?” aku geleng kepala, karena memang udah hooples dengan semua usaha yang gw lakukan. Cukuplah sekolah, selesai, kerja, sudah, pikir gw waku itu.

“Aku mau jadi musisi…” Icuk menjawab sendiri pertanyaannya. Selanjutnya ia menambahkan “Udah kau jadi musisi aja.. keren pegang gitar di atas panggung.”

Iya, Roma Irama memang keren, apa salahnya gw maju kedepan kelas dan mengatakan dengan tegas “gw mau jadi musisi!.”

Dan disinilah awal malapetaka datang dimasa-masa SMA gw. 

Ketika gw bilang kalau cita-cita gw jadi musisi, gw dipaksa nyanyi satu lagu. Gw yang dari kecil mencintai dunia sport dan baca buku dongeng rakyat, tiba-tiba diminta nyanyi. Apa boleh buat the show must go on, gw harus nyanyi. 

Alhamdulillah waktu itu tetangga gw seneng banget muterin lagu Krispatih, jadi gw nyanyi-in salah satu lagunya krispatih. Dari situlah gw dijuluki Badai yang aslinya adalah nama keyboardis krispatih. Coba ya, waktu itu tetangga gw selalu muterin kuce kuce hotahe, mungkin julukan gw bukan Badai, melainkan inpektur Vijay. Ah sudahlah.

Dan sampai sekarang beberapa temen-temen SMA sampai guru taunya nama gw Badai, bukan Iskan.

The show must go on, pertunjukan harus berlanjut. 

Nggak sampai situ aja, impian itu bener-bener gw jalani. Ngeband bareng temen-temen gue jabani, dari jadi vocalist, gitaris, sampai kabelist gw lakuin demi terwujudnya keinginan. Namun apa daya, lagi-lagi kasih tak sampai, audisi selalu gagal, dan akhirnya cuma bisa manggung di pensi sekolah.

Masa putih abu-abu berakhir. Gw kerja di tempat repasari komputer, sambil main game dari pagi sampai petang, ngopi dari petang sampai tengah malam. 

Hampir setiap hari gw lewati itu. Rasanya gw memang ditakdirkan untuk tidak jadi siapa-siapa di dunia ini. Sampai akhirnya ada yang nawarin gw kuliah gratis di Bandung.Alhamdulillah. 

Meski begitu, sifat moody gw nggak ilang-ilang. Gw palajarin apa yang gw suka aja, ninggalin apa yang gw nggak suka. Selain berpindah-pindah tempat, gw juga pindah-pindah hobi, gw jadi orang labil masalah hobi, apa lagi hati.

Sekarang gw sadar, dan gw nyesel kenapa gw selalu pindah-pindah hobi, ya walaupun nggak perlu juga disesali, karena bagaimanapun, masalalu akan tetap dibelakang, dia nggak bisa ngejar kita, dan nggak bisa pula kita samperin balik. 

The life must go on, hidup harus berlanjut, sampai kematian datang.

Dan sekarng gw harus berhenti, berhenti di titik nol yang akan menjadi awal start untuk menjalankan semangat baru.

Hidup ini memang perubahan, entah itu berubah dari buruk ke baik, atau dari baik ke buruk. Hidup ini juga perpindahan, entah itu pindah ke tempat yang lebih mewah ke tempat sederhana, atau dari tempat sederhana ke tempat yang mewah. 

Namun satu hal yang gw pelajari dari perubahan dan perpindahan, kadang dalam hidup ini kita juga harus berhenti, berhenti di titik awal dan akhir sebuah perjalanan, berhenti untuk berubah, berhenti untuk pindah. Karena kita butuh jati diri untuk tidak berubah, dan gw butuh tempat tinggal untuk tidak berpindah.

Sekarang gw harus pilih untuk membangun Katasuna.com dan menyalurkan hobi yang sepertinya dari dulu tidak pernah pergi dari hidup gw, yaitu nulis-nulis hal yang nggak penting kaya gini.

The life must go on, hidup harus berlanjut, sampai tidak ada lanjutan lagi dihidup kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?

Program C++ (mengurutkan abjad Z -A)