Windows Phone 25 Oktober 2013



Pertama – tama sepertibiasa kita siapkan element-nya. Satu Button dan satu TextBlock. Jangan lupa beri nama keduanya. Button berinama ShowTimeBT dengan content Show Time. Untuk TextBlock beri nama ShowTextBlock dan hilangkan textnya. Oh iya.. jangan lupa di properties TextBlock di bagian Text Warping-nya di udah Warp. Tujuannya agar text yang nantinya terisi di dalam label atau Textblock akan otomatis kebawah tidak menyamping ^_^….


Untuk selanjunya langsung aja ke bagian terpusing dari sebuah pemrograman hehehehe… double klik pada Button… dan tamabh scrip di bwah ini..


Jika sudah  Run program…. Maka akan muncul seperti gambar di bwah ini jika klik Button Show Time


Jika  kita ingin memisahkan antara tanggal dan jam kita bisa menambahkan scrip sibawah ini


Selanjutnya cara menambahkan tanggal atau hari… dengan scrip seperti di bawah ini…


Akan otomatis tanggal bertambah 5 hari kedepan disaat pembuatan program ini.. dan jika kita ingin mengurangi tambahkan ‘-‘ saja di kiri ‘5’ (-5).

Ok mungkin yang sebelum – belumnya penempatan tanggal bulan dan tahun adalah default. Nah bagemana jika ingin menempatkan tanggal terlebih dahulu atau tahun terlebih dahulu.. ? gampang caranya seperti gambar dibawah..



Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

Contoh berorientasi Objek misalkan Manusia. Dari objek manusia ada Attribut. Attribut itu terdiri dari tangan, kaki, baju, topi dll. Dan Behavior yang merupakan sifat dari objek tersebut misalnya dari manusia jalan kedepan, jalan mundur dll.

Jika objek mobil, dari objek mobil tersebut terdiri dari Attribut ban, stir, pintu dll. Dan behavior atau sifatnya adalah maju, mundur, belok kanan, belok kiri dll.

Dari penjelasan singkat di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa dalam sebuah pemrograman Attribut merupakan Variabel (member), dan Behavior merupakan Methode (fungsi).
Dalam sebuah pemrograman berorientasi objek ada juga istilah class.  Jika ada class maka ada objeck. Dan apa perbedaan class dan objek.

Class adalah konsep dan deskripsi dari sesuatu. Sedangkan objeck adalah instance dari Class.
Contoh :
Class : mobil
Object : mobil pak joko atau mobil ku.
Yang perlu dipahami.
Class = Method + Variabel.
Object = Method + Variabel Bernilai

Ok selanjutnya kita langsung masuk dalam visual studio untuk membuat class. Langsung new project dan beri nama project kita dengan UnderstandingClass.

Masukan Button dan berinama showClassBT. Dan beri nama content dengan Show Class. Langsung double clik pada Button.



Disini kita akan membuat Class baru. Tujuan menghilangkan atau meng-hidden class sebelumnya adalah agar nantinya sang visual studio dan kita sendiri tidak bingung.
Disini kita membuat Clas baru yaitu MotorCycle


Selanjutnya kita akan membuat property. Seperti gambar di bawah ini.


Selanjutnya kita akan membuat method dalam kelar baru yang kita buat tadi.  Bagaimana cara membuatnya ? seperti gambar berikut….


Ok property sudah, method sudah selanjutnya kita akan membuat Object dari class yang telah kita buat sebelumnya yaitu class MotorCycle.

Kita unhidden kempali pada clas sebumnya yang tadi kita sembunyikan dan ketikan coding di bawah ini.. 


Di situ ada terdapat dua object yang berbeda dalam satu class.

Nah sekarang sudah ada kan ? sedokit penerangan tentang OOP ( object Oriented Programing) ?

Ok selanjutnya ada sedikit pembahasan lagi yaitu tentang bagaimana menggunakan Class sebagai data type.


Terima kasih semoga bermanfaat dan berkenan ... jika ada kekurangan silakan komentarnya ... 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Beberapa Website Keren Yang bisa Bikin Kita Cerdas

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?