Menikah? Bukan Lomba Lari Melainkan Tentang Bagaimana Memantaskan Diri


Apa yang gw tulis dalam blog cccoffe ini berdasarkan kisah yang gw alami, bukan fiksi atau fiktif yang coba-coba gw karang sembarangan. Selain nggak mahir dalam karang-mengarang, gw juga nggak bisa menuturkan hal yang tidak gw alami sendiri.

Beberapa hari sebelum postingan ini, hangat sekali berita Anak dari Ustad Arifin yang menikah muda. Umur 17 tahun memutuskan untuk mempersunting mualaf cantik. Semoga jadi keluarga samawa dan diberikan keturunan soleh dan soleha, amiin.

Memang pasangan yang serasi sekali, dan pasti banyak yang mendambahkan hal yang sama, terlebih lagi sorang wanita yang telah mendambakan pangeran rumah tangga.

Selain pernikahan anak ustad Arifin, temen-temen gw juga sibuk nanya kapan nikah, gw jadi semangkin ingin nulis suatu hal yang pernah terjadi dalam hidup gw tentang pernikahan.

Meta, adalah temen yang baru beberapa bulan gw kenal. Enatah kenapa qw bisa cepat akrab, mungkin karena banyak kesamaan dari kami, sama-sama jomblo, alias belum menikah.

Meta ini anak yang cantik, dan kalau boleh gw nilai, semua orang pasti mau jadi suaminya, hanya saja sifatnya yang melankolis kadang bikin gw risih.

Hampir setiap kami ketemu, dia selalu curhat masalah nikah. Kenapa belum dapet jodoh, kenapa belum ada yang ngelamar, dan bla..bla, sampai kenapa tukang baso jualan bakso.

Bukang nggak ada cowok yang deketin dia, hanya saja semua kabur ketika ia jujur ingin segera dinikahi. Dan semua jadi pupus ketika para cowok itu nggak ada lagi kabar. Kawan, untuk loe yang cowok, jangan coba2 deketin cewek kalau cuma sekedar pacaran, karena bisa buat hati cewek kecewa, hati cewek itu kaya pantat bayi, sensitif.

Suatu hari di jam makan siang meta lagi-lagi curhat masalah jodoh yang tak kunjung muncul, dan lagi-lagi seperti anak kecil yang nunggu beduk magrib ketika puasa.

“Kenapa ya, nggak ada juga yang mau sama gw…”

“Bukan nggak ada, tapi belum ada…” gw sok bijak.

“Mending sama loe aja ya, mau ngak loe nikah sama gw…”  ungkapnya sambil nyengir kuda. Gw lempar tisu kepalanya.

“Loe mau jadiin gw pilihan terakhir karena nggak ada yang mau sama loe?”

“Bukan gitu juga kali..”

“Terus apa dong kalau bukan..”

“Kayanya selama ini yang mau dengerin gw, dan ada aja buat gw, itu elo.. Kayanya loe deh yang pas…”

“Kebanyakan nonton sinetron loe..melow”

“ih serius..”

“Sejak kapan loe serius sama gw..?”

“Sejak hariu ini…!”

Gw coba narik nafas, untuk melambatkan desiran hati ini, dan gw coba rubah suara gw ala Mario teguh.

“Coba gw tanya sama loe.. loe niat nikah untuk apa?”

Dia diem beberapa menit, kayanya mikir, tapi gw nggak yakin kalau dia mikir.

“Kalau loe nikah cuma karena pengen ada orang yang nemeni loe jalan-jalan, belanja, atau sebagai pengganti ayah loe yang udah nggak ada, itu nggak cukup..”

“Terus untuk apa ..? bukanya tujuan nikah untuk itu?”

“Ya memang bener..tapi cobah deh niatnya dirubah dulu, lillahi taala…karena Allah, karena nikah itu bukan masalah siapa cepet atau lambat, siapa yang duluan dapet atau nggak. nikah itu kepantasan diri…” gw diem beberapa detik, sambil mikir apa kelanjutan yang pas untuk akta-kata motivasi busuk yang baru saja gw luncurkan.

“..Nikah itu sama kaya rejeki, kapan waktu yang pas rejeki itu, pasti datang, darimanapun datangnya.. bisa jadi orang-orang yang ninggali loe itu bukan yang terbaik buat loe. Ada orang lain yang disuatu tempat yang lagi kerja keras buat ngidupi loe suatu hari nanti…” kenapa gw jadi bijak banget waktu itu.

Dia diem, gw diem, kecoak terbang juga diem.. tiba-tiba dia buka mulut “..dan bisa jadi orang itu elo..”

Gw ketawa, dia ketawa..kecoa yang udah nggak terbang tadi juga ketawa… setelah kejadian itu kaya nggak terjadi apa-apa. Gw keluar kerjaan, dia tetep berjuang mencari tambatan hati. Sekarang gw nggak tahu apa dia masih sering galau atau nggak.

Itu sepenggal kisah dari Meta, hanya sedikit saja, tidak keseluruhan.

Ada lagi temen gw namanya Tari. Meski belum pernah ketemu secara langsung tapi gw nganggapnya udah seperrti Mbak gw sendiri. Mungkin karena memang jiwanya yang mengayomi buat gw sering sharing hal-hal pribadi kedia.

Dibanding Metam, Tari adalah orang yang tertutup, ia lebih suka mendengarkan dari pada bercerita. Dia selalu menanyakan hal-hal keg w tentang jodoh, pernikahan, dan pasangan hidup.

Suatu hari ketika gw cerita tentang temen gw yang udah nikah, dia tanya.. “Lah adek kapan nikahnya.. dari kemarin perasaan temen mulu yang di ceritain…”

“Doain aja mbak.. semoga disiapkan..”

“Amin..calonya sudah ada dek?” tanyanya lagi ke gw.

“Pati udah ada mbak tapi nggak tau lagi dimana dia.. hehehehe”

“Lah yang kamu ceritain kemarin bukanya ada…”

“Itu mah Cuma cerita mbak.. lagian itukan juga Cuma tokoh buatan aja, nggak ada didunia nyata”

”udah deh nunggu apa lagi..kalau cocok langsung aja…”

“ini nikah loh mbak.. bukan jodohin kucing tetangga sama kucing komplek sebelah…”

“hahahaha.. bisa aja kamu dek..tapi bukanya adek sendiri yang bilang, dalam islam itu yang baik-baik harus dipercepat..”

“Nggak gitujuga mbak.. dipercepat kalau belum siap, masa mau dipaksakan.. kasian anak orang..”

“kasian gemana?”

“ini ngajak nikah, ngajak hidup senang berdua buakan nyusain dia, kasian kan anak orang yang bukan siapa-siapa kita eh diajak susah-susah.. oang tuanya besarin dia capek-capek eh saya malah bikin hidupnya susah…”

“bukanya pernikahan itu hidup untuk berjuang bersama…”

“itukan kata orang-orang mbak.. kita nggak tahu kalau belum jalaninya…”

“mana ada juga yang mau diajak susah…”

“Pasti ada dek…pasti ada cewek yang mau diajak susah hidup berdua, berjuang berdua…”

“nggak percaya is mah.. yang bgitu Cuma ada di sinetron,. Ngggak ada di dunia nyata…”

“Mbak mau…”

“Ya itukan mbak…”

“Tukan cowok memang banyak alasan… mbak udah bilang ke orang yang deket sama mbak…mbak nggak mau apa-apa yang mahal dan mewah-mewah asalkan serius dan mau bareng-bareng mbak mau…” dan malah jadi curhat.

“terus dia bilang apa mbak..”

“Dia yang nggak mau…”

Setelah obrolan itu, kami nggak lagi cerita masalah nikah-nikah, apa lagi nyain kapan nikah.

Mungkin nggak masalah bagi gw ketika ditanya kapan nikah, itu hal biasa bagi gw, basa-basinya orang Indonesia yang keranjingan. Tapi tolong jangan tanya itu ke temen cewek yang memang sedang benar-benar mengharapkan jodohnya, bisa jadi pertanyaan itu membuat bibirnya tersunging senyum meminta doamu, tapi dalam hatinya sakit terisak tangis. Kalau memang loe temen baiknya tolong do’akan saja, bukan diteror dengan pertanyaan “kapan nikah?”. Karena jodoh sudah ada yang mengatur, jadi jangan sok ngatur.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?

Program C++ (mengurutkan abjad Z -A)