Tren Desain Logo di Tahun 2016

Seni dan ilmu desain baik desain logo dan desain yang lain terus mengalami perkembangan dalam dunia bisnis. Bahkan sekarang dapat melibatkan konsumen secara langsung dalam peningkaannya. Keterlibatan konsumen yang meningkat cepat ini membuat kualitasnya lebih terbuka secara umum maupun personal.

Mengikuti perkembangan yang terjadi sekarang menjadikan bisnis desain juga berubah. “Aturan” yang telah dibuat yang menjadi panduan selama beberapa lama, kini tidak lagi menjadi hal yang penting. Seni dan ilmu desain berubah begitu cepat secepat teknologi berkembang hingga melibatkan konsumen secara langsung dalam pemasarannya.

Untungnya, banyak orang yang menyikapi dengan baik perubahan ini. Bill Gardner dari LogoLounge merupakan sumber yang paling kredibel untuk memprediksi perubahan ini (Baca ulasannya disini). Ia mempunyai prediksi yang detail untuk mendeteksi perubahan tren yang terjadi.

Kira-kira apa ya yang akan menjadi tren desain logo di tahun 2016 atau dalam waktu dekat  ? Berikut enam desain logo yang diperkirakan akan menjadi tren pada tahun 2016.

1. Flat Design



Flat desain yang menjadi tren di tahun 2015 masih akan tetap menjadi primadona ditahun 2016. Bukan hanya karena terlihat sederhana. Flat desain merupakan desain yang sangat kompatibel untuk perangkat browsing. Hal itu karena pola, teksture, dan warna yang yang sederhana. Perusahaan lebih memilih flat desain yang familiar dan iconk dibanding desain yang lain.

2. HandMade Design

Handmade itu terlihat lebih jujur dari pada buatan digital, bahasa kalbunya ngena dihati, meskipun dalam proses pembuatannya tidak semuanya secara manual tangan. Namun desain logo ini telah mendapatkan tempatnya dalam dunia industri desain. Sebuah simbol panah kecil, atau satu dua huruf dapat dikombinasikan dengan element lain. 

 


Dengan set font dan typografi yang tidak biasa dalam penyajian desain ini akan menjadikan hal berbeda dimata konsumen dalam menerjemahkannya.

3. Kinetic Design



Logo dinamis, logo kinektik atau logo yang berubah ubah tapi tetap sama akan memberikan daya tarik yang lebih besar. Hal ini dikarenakan desain logo ini menawarkan kesegaran atau desain yang lebih personal. Namun begitu dapat menarik banyak elemen masyarakat, yang tentunya hal tersebut menjadi prioritas utama dalam dunia bisnis.
  

Jenis logo ini dapat menerjemahkan konsumen akan arah perusahaan. Namun akan sangat berbahaya jika sebuah logo tidak dapat menerjemahkan nilai-nilai inti dari perusahaan. Hal ini yang perlu diperhatikan untuk seorang desainer logo. Membuat logo yang dinamis namun tetap memasukan nilai-nilai terpenting yang menjadi tujuan sebuah perusahaan.



4. Negative Space Design

Hal yang pertama kali kita lakukan dalam menilai desain adalah dengan melihatnya terlebih dahulu barulah, setelah itu kita akan mencoba mengartikan setiap elemen yang ada dan mencoba untuk memahami dan menerjemahkannya. Begitulah sebuah karya desain. Jika desain dapat menyampaikan hal yang lebih, dan konsumen menangkap pesan yang lebih dalam, dan saat itulah sebuah desain disebut istimewah. Inilah sebabnya mengapa desain negative space akan terus menjadi pemikat untuk mengekplorasi kekuatan.


Kemampuan utuk menerjemahkan gambar kepada konsumen adalah sebuah tantangan untuk para desainer.

5. LetterStucking Design

Letterstacking. Meski gaya lam, desain ini akan tetap menjadi tren ditahun 2016. Mungkin karena desain ini menarik, dan mudah diterjemahkan dimata konsumen. 




Hal ini dikarenakan jenis desain Letterstacking menawarkan solusi bagi para desainer logo untuk menyajikan sebuah text panjang menjadi visual. Meskipun terlihat membosankan namun sepertinya desain logo ini telah memiliki tempatnya sendiri sehingga akan tetap menjadi pilhan konsumen di tahun 2016.

6. MonoLine Design




Garis tipis atau tebal yang tidak berubah ukurannya membentuk sebuah pola yang diharapkan, menjadi ciri khusus desain ini. Terlihat sederhana, dan klasik namun tidak menjadikannya ketinggalan zaman.

 
Desain yang berkembang beberapa tahun terakhir ini memberikan kejujuran dalam penyajiannya, ditambah lagi dengan polesan elemen handmade. Penggunaan garis tipis atau tebal, mono logo, tanpa gradient atau warna yang terlalu bercorak menjadikan jenis desain logo ini akan tetap berkibar di tahun 2016.
  
Jadi, dari keenam jenis desain logo di atas mana yang menjadi favorit Kamu ?  

Artikel terjemahan dari http://justcreative.com/2016/01/02/2016-logo-design-trends-forecast/

Jika ada yang kurang dalam penjelasannya mohon dimaklumi.  Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?

Program C++ (mengurutkan abjad Z -A)