Tren Desain Logo di Tahun 2016
Seni dan ilmu desain baik desain logo dan desain yang lain terus mengalami perkembangan dalam dunia bisnis. Bahkan sekarang dapat melibatkan konsumen secara langsung dalam peningkaannya. Keterlibatan konsumen yang meningkat cepat ini membuat kualitasnya lebih terbuka secara umum maupun personal.
Mengikuti perkembangan yang
terjadi sekarang menjadikan bisnis desain juga berubah. “Aturan” yang telah
dibuat yang menjadi panduan selama beberapa lama, kini tidak lagi menjadi hal
yang penting. Seni dan ilmu desain berubah begitu cepat secepat teknologi
berkembang hingga melibatkan konsumen secara langsung dalam pemasarannya.
Untungnya, banyak orang yang menyikapi dengan baik perubahan
ini. Bill Gardner dari LogoLounge merupakan sumber yang paling kredibel untuk memprediksi
perubahan ini (Baca ulasannya disini).
Ia mempunyai prediksi yang detail untuk mendeteksi perubahan tren yang terjadi.
Kira-kira apa ya yang akan menjadi tren desain logo di tahun
2016 atau dalam waktu dekat ? Berikut
enam desain logo yang diperkirakan akan menjadi tren pada tahun 2016.
1. Flat Design
Flat desain yang menjadi tren di
tahun 2015 masih akan tetap menjadi primadona ditahun 2016. Bukan hanya karena
terlihat sederhana. Flat desain merupakan desain yang sangat kompatibel untuk
perangkat browsing. Hal itu karena pola, teksture, dan warna yang yang
sederhana. Perusahaan lebih memilih flat desain yang familiar dan iconk
dibanding desain yang lain.
2. HandMade Design
Handmade itu terlihat lebih jujur dari pada
buatan digital, bahasa kalbunya ngena dihati, meskipun dalam proses
pembuatannya tidak semuanya secara manual tangan. Namun desain logo ini telah
mendapatkan tempatnya dalam dunia industri desain. Sebuah simbol panah kecil,
atau satu dua huruf dapat dikombinasikan dengan element lain.
Dengan set font dan typografi yang tidak biasa dalam
penyajian desain ini akan menjadikan hal berbeda dimata konsumen dalam
menerjemahkannya.
3. Kinetic Design
Logo dinamis, logo kinektik atau logo yang berubah ubah tapi tetap sama
akan memberikan daya tarik yang lebih besar. Hal ini dikarenakan desain logo
ini menawarkan kesegaran atau desain yang lebih personal. Namun begitu dapat
menarik banyak elemen masyarakat, yang tentunya hal tersebut menjadi prioritas
utama dalam dunia bisnis.
Jenis logo ini dapat menerjemahkan konsumen akan arah perusahaan.
Namun akan sangat berbahaya jika sebuah logo tidak dapat menerjemahkan
nilai-nilai inti dari perusahaan. Hal ini yang perlu diperhatikan untuk seorang
desainer logo. Membuat logo yang dinamis namun tetap memasukan nilai-nilai
terpenting yang menjadi tujuan sebuah perusahaan.
4. Negative Space Design
Hal yang pertama kali kita lakukan dalam
menilai desain adalah dengan melihatnya terlebih dahulu barulah, setelah itu
kita akan mencoba mengartikan setiap elemen yang ada dan mencoba untuk memahami
dan menerjemahkannya. Begitulah sebuah karya desain. Jika desain dapat
menyampaikan hal yang lebih, dan konsumen menangkap pesan yang lebih dalam, dan
saat itulah sebuah desain disebut istimewah. Inilah sebabnya mengapa desain
negative space akan terus menjadi pemikat untuk mengekplorasi kekuatan.
Kemampuan utuk menerjemahkan gambar kepada konsumen adalah
sebuah tantangan untuk para desainer.
5. LetterStucking Design
Letterstacking. Meski gaya lam, desain ini akan tetap
menjadi tren ditahun 2016. Mungkin karena desain ini menarik, dan mudah
diterjemahkan dimata konsumen.
Hal ini dikarenakan jenis desain Letterstacking menawarkan
solusi bagi para desainer logo untuk menyajikan sebuah text panjang menjadi
visual. Meskipun terlihat membosankan namun sepertinya desain logo ini telah
memiliki tempatnya sendiri sehingga akan tetap menjadi pilhan konsumen di tahun
2016.
6. MonoLine Design
Garis tipis atau tebal yang tidak berubah ukurannya
membentuk sebuah pola yang diharapkan, menjadi ciri khusus desain ini. Terlihat
sederhana, dan klasik namun tidak menjadikannya ketinggalan zaman.
Desain yang berkembang beberapa tahun terakhir ini
memberikan kejujuran dalam penyajiannya, ditambah lagi dengan polesan elemen handmade.
Penggunaan garis tipis atau tebal, mono logo, tanpa gradient atau warna yang
terlalu bercorak menjadikan jenis desain logo ini akan tetap berkibar di tahun
2016.
Jadi, dari keenam jenis desain logo di atas mana yang menjadi
favorit Kamu ?
Artikel terjemahan dari http://justcreative.com/2016/01/02/2016-logo-design-trends-forecast/
Jika ada yang kurang dalam penjelasannya mohon dimaklumi. Semoga bermanfaat.
Artikel terjemahan dari http://justcreative.com/2016/01/02/2016-logo-design-trends-forecast/
Jika ada yang kurang dalam penjelasannya mohon dimaklumi. Semoga bermanfaat.
Komentar