Asas Gotong Royong Dalam Kamar Mandi

Gotong Rotong adalah sebuah semboyan nenek moyang Indonesia yang didengungkan secara turun temurun hingga sekarang. Mencerminkan sebuah satu kesatuan yang sering diucapkan; ‘bersatu kita teguh, bercerai kita kawin lagi runtuh’. Bagi kawan yang nggak tahu atau nggak pernah dengar istilah ini mungkin tinggalnya di Jamaika atau mungkin nilai pelajaran PPKn nya kosong.

Siapa sih yang nggak tahu tulisan dan istilah yang terus menghiasi dinding kelabu sekolah dulu, dari pintu gerbang depan sampai pintu gerbang belakang sekolah kata Gotong royong terus menggema-gema seperti menggoda terus untuk menerapkannya di setiap detik aktifitas sehari-hari. Dari mulai piket sekolah sampai ngebantu orang tua di rumah. Bahkan lomba 17-san pun menyimbolkan asas Gotong royong.

Namun gotong royong tidak melulu menjadi baik dalam pelaksanaannya. Contohnya anak-anak jaman sekarang menjadikan asas gotong royong dengan semboyannya ‘bersatu kita teguh bercerai kita runtuh’ menjadi senjata untuk mencontek. Katanya saling tolong menolong itu baik.

Ada juga yang salah mengartikan arti gotong royong yang sebenarnya. Seperti halnya di kampung gue, anak-anak kampung gue kalau sudah musim buah menjadi solid dan tak terpecah belahkan. 

Mereka sama-sama menuju rumah warga yang rambutaanya sudah memerah. Bereka bekerja sama, ada yang menjaga dibawah dan ada yang memetik di atas. Itu Mereka sebut juga gotong royong. Tapi ketika pemilik datang dengan golok di tangan, kasian yang di atas pohon, soalnya udah di tinggal aja sama yang nunggu di bawah. Kabur.

Gotong royong juga nggak melulu dapat diterapkan dimana saja. Kaya yang terjadi hari ini di tempat pelatihan BPPTIK Cikarang. Kebetulan gue lagi pelatihan dan sertifikasi, dapat gelombang kedua, dan gue ambil Junior Technical Support.

Pelatihan ini diadakan di gedung Korea Indonesia ICT Traning Center. Jadi Gedung ini dibangun oleh pemerintah korea, dan mereka sendiri yang mendisainnya.

Dengan berbekal asas Gotong Royong gedung ini di bangun. Gue kira itu adalah hal yang keren dan perlu dicontoh pemerintah kita sendiri tapi mungkin perlu juga dipikirkan.  Namun penerapan gotong royong itu di implementasikan pada kamar mandi. Jadi dalam gedung Korea Indonesia ICT Trning Center terdapat gedung penginapan untuk peserta pelatihan. Peserta pelatihan di tempatkan di satu kamar dengan satu kamar mandi menyatu dengan kamar yang lainnya. Jadi untuk menggunakan kamar mandi kami para peserta bergantian. 

Hal yang sangat tidak mungkin menerapkan gotong royong dalam kamar mandi. Bekerja sama untuk menyelesaikan mandi, dan buang air. 

Ya, apapun itu, dan dimanapun itu Gotong Royong adalah filosofi yang selalu tertanam dalam hati orang Indonesia, walaupun semangkin lama rasa itu semangkin memudar dan hilang, apa lagi yang terjadi di kota-kota besar. Rasa gotong royong untuk saling membantu sesama itu sudah sangat langkah ditemukan. Padahal itu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita. Contoh kecil saja, coba kia saling gotong royong untuk mengigatkan orang-orang tidak buang sampah sembarangan, insya Allah bersihlah kota kita. Atau saling gotong royong membantu tetangga pindahan rumah. Atau saling bergotong royong membersihkan kamar mandi yang menyatu dengan kamar orang lain. Atau main petak umpet bersama dalam kamar mandi.... 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?

Program C++ (mengurutkan abjad Z -A)