Tutorial Seni Tipografi



Udah lama sebenernya tertarik sama seni yang satu ini tapi baru sekarang bisa belajar. Awalnya memang agak sulit, bukan sulit melainkan harus sabar karena membuat tipografi memang di butuhkan kesabaran yang ekstra ketika menyusun kata demi kata untuk membentuk sebuah wajah atau pola tertentu. 

Awal aku buat yaitu wajah artis korea yang namanya saya nggak tau. langsung ku upload ke FB. walau ada beberapa komen positif ada juga komen yang negatif namun sedikit membangun. "buat gitu doang mah gag susah cuma butuh sabar aja" kata temen FB. Memang benar, sangat benar malahan, tapi tetap aja ada teknik dasar yang harus di ketahui juga. Teknik dasar itu nggak jauh juga sama seperti ketika aku buat vektor. ada bidang terang sedang dan gelap. 

Oh iya tipografi atau typogaphy dalam bahasa inggrisnya atau tata huruf merupakan sebuah ilmu dalam memilih atau menyusun huruf. Jadi bukan membentuk wajah dengan huruf saja yang di sebut tipografi. Kita menulis huruf sebuah iklan atau yang lainya itu juga di sebut tifografi. Karena sebuah iklan atau desain bukan cuma visual dari produk tersebut juga saja yang di lihat melainkan sebuah tulisan juga yang nantinya akan di baca. Maka dari itu tipografi ini sangat penting dalam bidang ilmu desain. Contohnya saja sebuah iklan parfum wanita jika di iklan tersebut bertulis huruf yang tegas dan kaku maka tidak akan berkesan klasik atau menarik, maka banyak parfum wanita yang bertulis atau jenis tulisan kasik. 

Ok untuk membuat tipografi pertama tama siapkan photo terlebih dahulu...lalu ubah poto tersebut menjadi posterize di photoshop. Atur sesuai bidang yang diinginkan. semangkin detai maka semangkin dibutuhkan kesabaran ekstra nantinya. Lalu pidahkan photo tersebut ke sofware vektor (oh iya tahapnya sama seperti membuat seni vektor. bedanya hanya di ganti dengan susunan huruf).

Contoh photo yang udah di posterize 


1. Setelah itu baru pindahkan photo di sofware vektor seperti AI, Corel atau yang lainnya. Aku disini menggunakan Corel. Jika photo ingin lebih detail, karena hasil posterize tidak jelas timpah saja atau di double dengan oto aslinya.

2. Nah setelah itu baru di butuhkan kesabaran untuk menyususun huruf atau kata - kata di atas bidang poto yang sudah di posterize tadi.

3. Huruf atau kata bebas sesuai dengan hati masing - masing saja. Aku disini menggunakan kata look dengan pilihan font Arial. Oh iya pilihan font juga perlu di perhatihan. Sebab bentuk huruf dan spasi antar hururf akan membuat bentuk yang berdebda pula. 

4. Disesuaikan warnanya. Ada gelap, setengan gelap dan terang. Jika kurang gelap rapatkan penempatan setiaf huruf atau kata.



Semoga dapat membantu dan bermanfaat...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Use Case Dan Use Case Description

Apa itu SKPL Dan Kebutuhan Perangkat Lunak ?

Program C++ (mengurutkan abjad Z -A)